Menhan: Syarat bebas Ba'asyir harus taat Pancasila

REPORTED BY: Insan Praditya

Menhan: Syarat bebas Ba'asyir harus taat Pancasila Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengatakan perjanjian untuk mengakui dan taat pada Ideologi Pancasila adalah syarat bagi pembebasan Abu Bakar Ba'asyir. Ia mengatakan pemerintah sudah memberikan toleransi mengingat Ba'asyir sudah tua. Oleh karena itu, menurutnya perjanjian tersebut harus ada timbal balik dari Abu Bakar Ba'asyir.

"Kita kan sudah toleran, dia sudah tua sudah lama di penjara dengan rasa kemanusiaan presiden biar saja dia di rumah dengan keluarganya, bukan mendoakan dia cepat sakit berat, enggak. Biar dia berkumpul dengan orang rumah, cucunya, anaknya di masa tuanya. Itu kan harus ada timbal balik dong, timbal balik kan bukan untuk presiden, untuk negara ini," kata Ryamizard kepada wartawan di kompleks parlemen, Jakarta, Rabu (23/01/2019).

Ryamizard mengatakan Abu Bakar Ba'asyir harus berjanji tidak menyebarkan hal-hal yang sifatnya melawan negara sekaligus mengajak orang-orang untuk melawan NKRI.

"Tidak menyebarkan macam-macam seperti dulu mengajak orang berbuat melawan negara dan lain-lain. Ada syarat juga, nggak bebas begitu saja," ujarnya.

Ryamizard mengatakan pembebasan Ba'asyir ditunda, karena pemerintah menghitung semua yang dilakukan oleh Ba'asyir termasuk keluarga korban.

"Ya ditunda dulu, makanya itu harus dihitung semua," katanya.

Selanjutnya, Ryamizard mengatakan pemerintah sampai saat ini paling berkomitmen dalam memberantas terorisme. Ia juga mengatakan melakukan teror kepada orang lain saja dapat melanggar hukum, apalagi menteror sebuah negara.

"Saya paling komitmen dan pemerintah, terorisme harus nggak boleh. Kalau dia nggak mau diapa-apain ya jangan berontak, jangan jadi teroris. Namanya teroris menteror, menteror orang aja dihukum apalagi negara diteror-teror, nggak boleh," pungkasnya.

 

PKS minta Gubernur Riau tak arahkan rakyat dukung Jokowi
Sudirman nyatakan perpanjangan kontrak Freeport bukan kemauannya
PAN izinkan Gubernur Riau dukung Jokowi asal tak masuk timses
PAN akan beri bantuan Ketum PA 212
Ketum PA 212 undang pimpinan parpol
IHSG kembali lewati level 6.500
Gerindra: Jokowi Pilgub DKI dibiayai keuntungan lahan Prabowo
BPN nilai Prabowo sudah detail
Slamet Ma'arif tegaskan akan bersikap kooperatif pada pemeriksaan selanjutnya
Jokowi dilaporkan ke Bawaslu, TKN : Gimmick politik saja
Kubu Jokowi: Tema debat ketiga Ma'ruf Amin jagonya
Demonstran ancam duduki KPK jika tak minta maaf ke Enembe
PDIP sebut biaya kampanye Jokowi di Pilgub DKI Jakarta untuk iklan Prabowo
Kubu Jokowi nilai kubu Prabowo inkonsisten soal penguasaan lahan
DKPP berhentikan tiga penyelenggara Pemilu
Fetching news ...